Jumat, 18 November 2011

Ambigram

Apa itu Ambigram ?

Ambigram adalah betuk grafis yang menampilkan kata tidak hanya dalam bentuk seperti yang disajikan / normal, tetapi juga dapat dilihat dari lain arah atau orientasi.

Douglas R. Hofstadter menggambarkan sebuah ambigram sebagai "desain kaligrafi yang mengelola dua bacaan yang berbeda ke dalam 1 set kurva".

Ambigram adalah latihan dalam mendesain grafis yang bermain dengan ilusi optik, simetri dan persepsi visual.

Macam-macam Ambigram

Secara umum terdapat beberapa jenis ambigram, antara lain :

  •  Rotasi
Sebuah desain yang menyajikan beberapa contoh kata-kata yang dapat dilihat ketika diputar melalui sudut tetap. Sudut yang digunakan biasanya 180 derajat, namun ada ambigrams dengan putaran dari sudut lain, misalnya 90 atau 45 derajat. Kata yang terbilang dari arah alternatif sering merupakan kata yang sama, tetapi memungkinkan kata yang berbeda untuk bentuk initally yang disajikan.
  • Cermin
Sebuah desain yang akan dapat dibaca kata yang sama ketika dipantulkan atau dilihat melalui cermin.




  • Rantai
Merupakan desain dimana kata (terkadang lebih dari satu kata) yang saling terkait membentuk rantai berulang. huruf-huruf yang digunakan biasanya tumpang tindih yang berarti bahwa sebuah kata akan mulai terbaca melalui kata lainnya. Kadang-kadang ambigram rantai disajikan dalam bentuk lingkaran.
  • Space-filling
Mirip dengan ambigram rantai, namun ambigram space-filling membentuk ubin yag mengisi ruang 2 dimensi.





  •   3-Dimensi
Merupakan desain dimana objek yang disajikan akan memunculkan beberapa huruf atau kata bila dilihat dari sudut yang berbeda.
  • Shift
Sebuah desain asimetri namun dapat dibaca sebagai dua kata yang berbeda tergantung pada bagaimana kurva dari huruf-huruf yang digunakan diinterpretasikan. Desain ini sangat jarang digunakan karena sulit untuk menemukan kata-kata yang cocok sebagai ambigram menggunakan cara ini.



Bagaimana Belajar Membuat Ambigram?
Mempelajari ambigram yang baik adalah dengan berlatih dan mencari pengalaman. Menggambar ambigrams sebenarnya tidak sesulit yang dipikirkan, tapi untuk mendapatkannya mudah dibaca dan dalam gaya yang konsisten sangat rumit dan memerlukan banyak waktu.

Nama adalah pilihan yang baik untuk kata awal untuk berlatih karena mereka membuat hadiah yang sangat baik bagi orang-orang. Cobalah memilih nama antara lima dan delapan huruf yang biasanya lebih mudah daripada nama lebih panjang atau lebih pendek.

Jika ingin menjadi ambigrammist serius, Anda harus belajar untuk memahami berbagai bentuk huruf. Carilah cara yang berbeda agar huruf dapat ditulis . Dengan pengalaman, Anda akan terkejut betapa mudahnya untuk menciptakan ilusi huruf ketika itu tidak benar-benar ada dalam arti tradisional. Faktanya adalah otak Anda ingin membaca kata daripada kumpulan garis dan hal ini akan memaksa satu set kurva menjadi kata yang lebih mudah dari yang Anda pikirkan.

Ketika mendesain ambigrams, ada sebuah hal yang harus diperhatikan. Orang yang mendesain suatu ambigram akan bisa membaca ambrigram tersebut  jauh lebih mudah daripada orang lain. Hal ini memberikan kesan bahwa ambigram lebih mudah dibaca daripada sebenarnya. Pada titik ini, mungkin perlu untuk menunjukkan desain ambigram anda kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar